Sejarah Permata

 
Menelusuri Sejarah Batu Permata itu sama Tua nya dengan Sejarah Peradaban Manusia, Sejak 100.000 tahun Sebelum Masehi  Manusia Telah Mengenakan Perhiasan pada tubuhnya baik yang Berasal dari Batu-Batuan, Tulang Hewan, Tanaman dan Lainnya. Tidak Dapat Dipungkiri Bahwa setiap Kebudayaan Kuno pasti memiliki Legenda nya sendiri untuk Batu Permata, dan ini Merupakan Salah satu Wujud dari Penghargaan yang sangat tinggi dari Manusia terhadap permata dalam setiap Suku Bangsa dan Budaya.Pada Jaman Prasejarah, Kebudayaan tentang Permata sangat sederhana, dimana manusia hanya mengolah sebuah Batu Berwarna dalam bentuk sederhana , dibentuk dengan alat yang seadanya dan dipakai ditubuh dengan  maksud dan tujuan metafisik maupun perhiasan .
 
 Lebih Maju lagi setelah manusia memiliki Kebudayaan yang semakin Berkembang, maka semakin maju pula pola pokir manusia dalam mengolah Batu Permata menjadi Bentuk yang indah dan dihias dengan Logam Mulia . Berbagai Kebudayaan Besar seperti India , Mesir, China , Yunani, dll memiliki catatan sejarah tentang indahnya Batu Permata dan Merupakan komoditi yang Dinilai melebihi Emas dan Perak. Dan Pada Saat itu Permata telah dijadikan komoditas Perdagangan , dengan arti bahwa perdagangan Permata telah ada sejak  Lebih dari 5000 Tahun Sebelum Masehi. Ini menjadikan Permata sebagai salah satu perdagangan yang paling tua dan tidak Lekang dimakan waktu hingga saat ini.
 
 
Untuk Saat ini, Teknologi yang sudah semakin Canggih di Era modern menjadikan Permata Sebagai sebuah Kebutuhan dengan Sejuta Keindahan . Batu Permata yang telah di bentuk dan di Cut dengan Teknologi terbaik , akan menghasilkan Kilau dan Keindahan yang Luar Biasa . Di Era Modern ini Permata tetap merupakan sebuah idola, bukan hanya dari Kalangan Atas, namun juga kalangan menengah dan Bawah . Kebutuhan akan Permata merupakan sebuah penghargaan atas manusia kepada Ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa , yang sungguh merupakan Karunia yang istimewa. Walaupun dengan Teknologi yang ada manusia selalu Berusaha membuat tiruannya, tetapi tetap tidak akan pernah dapat Menyamai ciptaan-Nya. 
 
Indonesia adalah Negara yang Kaya akan Ragam Suku dan Budaya, juga Kekayaan alam yang sungguh luar biasa Banyaknya . Indonesia adalah penghasil Beberapa Permata Terbaik di Dunia seperti  intan ( Berlian ) , Kecubung ( Ametyst ) , Kalimaya ( opal ) , akik ( chalcedony ) , Bacan ( Chrysocola ), Nephrite ( Jade ) , idocrase, dll . Sejak Jaman dulu , Rakyat Indonesia telah mengenal Permata dan  banyak dijadikan sebagai Perhiasan baik untuk Hiasan Tubuh maupun Pusaka Spiritual seperti Gagang Keris, Tombak, Maupun Simbol Kerajaan. Oleh Karena itu, Budaya dalam Batu Mulia melekat sangat dalam di masyarakat indonesia .Dan Hingga Saat ini, Diakui Bahwa Negara dengan Perdagangan Permata yang paling aktif di Asia Tenggara salah satunya adalah Indonesia.  Kita Patut Berbangga karena kegemaran dalam batu permata merupakan Apresiasi kita kepada Ciptaan Tuhan dan merupakan Hobbi yang sudah berumur 5000tahun namun tetap Indah tidak lapuk oleh Zaman.
 
By : Sauchigems