Natural Gemstone & Threatment

 
Natural Gemstone adalah permata yang 100% berasal dari Alam, ditambang dan diproses hingga menjadi sebuah Batu permata yang siap dipakai sebagai perhiasan. Sebuah permata yang natural harus memiliki karakteristik Alam yang tidak akan ditemukan pada batu permata sintetik ataupun imitasi. Karakteristik ini bisa berupa inclusi ( serat ) alamnya , Reflaction ( pembiasannya ) , maupun berbagai karakter lainnya yang hanya bisa diperiksa dengan alat gemology di Labotarium. 
 
Dewasa ini secara umum Sebagian permata dilakukan Threatment untuk meningkatkan Warna, Kejernihan dan Ketahanannya. Ini hal nya seperti seorang Wanita yang dimake up supaya kelihatan lebih cantik dan indah, namun tidak mengubah bahwa kenyataannya itu tetap seorang wanita. Threatment ini banyak disalah persepsikan oleh Para pemula sebagai tidak natural , padahal tidak seperti itu, Threatment pada permata telah dikenal lebih dari 1000tahun yang lalu , dan dalam batas wajar threatment diterima di market perdagangan internasional permata. Selama permata yang dithreatment adalah Natural, maka Permata tersebut tetap natural walaupun setelah di threatment.
 
 
Threatment dilakukan agar warna permata yang Pucat, menjadi lebih baik , atau agar kristal yang agak berkabut menjadi lebih jernih, selama threatment tersebut permanen tidak menyebabkan kerusakan, akan diterima dalam market internasional. Sebagian threatment seperti Heat menggunakan prinsip pemanasan seperti halnya pemanasan Bumi yang mungkin butuh waktu berjuta tahun, namun manusia menggunakan heat agar dapat menghasilkan warna baik dalam waktu yang lebih singkat. Tetapi ingat, permata nya tetaplah Natural. Threatment tidak mengubah status natural menjadi Sintetik atau Batu Masakan, dan sebagainya. 
 
Sebagian Batu permata juga memiliki Threatment untuk menjaga ketahanan dari permata itu sendiri, misalnya Opal umumnya sering ditempatkan di tempat yang lembab/berair atau diberi babyoil supaya lembab dan tidak mudah kering karena dapat menyebabkan retakan halus apabila terlalu kering, Demikian juga yang sering dilakukan pada Batu Emerald. Juga sebagian permata seperti Ammolite yang umum di doublet supaya tidak mudah pecah dan menjadi lebih kuat . Threatment seperti ini umum dan diterima diperdagangan internasional.
 
 
Saat ini terdapat berbagai Threatment lain seperti irradiated yang menghasilkan Fancy colour pada Diamond, threatment ini diterima oleh market Luas karena untuk mendapatkan warna fancy ini di alam sangatlah langka dan sangat mahal sekali untuk fancy colour di Diamond. Threatment Radiated juga umumnya dilakukan pada Blue Topaz, Blue Beryl, Pearl, dll. Juga terdapat beberapa jenis threatment lainnya seperti  HPHT, Dyed , Coating, Composite, Laser Drilling , dll yang diaplikasikan pada beberapa jenis permata lainnya.
 
Untuk permata yang No Treatment dan memiliki kualitas baik memang umumnya dihargain lebih tinggi, karena keindahannya dan kelangkaannya yang alami tidak mendapatkan polesan dari make up apapun. Namun adakalanya gemstone yang sudah dithreatment apabila memiliki keindahan yang lebih baik, juga akan dihargain lebih tinggi dari yang No Threatment dengan kualitas biasa. Ada Sebagian lagi permata yang memang sangat jarang dithreatment seperti Garnet, Spinel, Sphalerite, dll . Threatment ataupun Non Treatment pada sebuah permata,Bagian yang terpenting adalah Keaslian dan Keindahan permata itu sendiri. 
 
Tentu saja setiap orang ingin memiliki permata karena keindahannya, Misalnya jika diberikan opsi A untuk memiliki sapphire No Heat tapi berdaging kasar dan kotor,kemudian dengan Opsi  B sapphire Heat tetapi Kristal Bersih dan warna bagus, tentu saja saya yakin akan banyak yang memilih opsi kedua. Oleh karena itu pengertian dalam threatment ini harus dipahami oleh para penggemar Batu permata sehingga lebih percaya diri untuk membeli sebuah permata. Semoga Pembahasan mengenai Natural Gemstone dan Threatment ini membuka wawasan kita semua.
 
 
By Sauchigems - Photo from www.GIA.edu