Berbagai Istilah di Dunia Permata ( A – M )

 
A – M
 
Dalam Dunia gemology maupun Pasar Perdagangan Permata terdapat berbagai istilah yang terkadang masi sangat Awam di para pemula , disini akan Dibahas berbagai istilah yang ilmiah ataupun yang pasaran di dunia perdagangan permata indonesia. Beberapa istilah ada yang membingungkan, ada juga yang simpang siur informasinya, selain itu disini juga dibahas beberapa istilah ilmiah dalam dunia gemologynya.
 
Pemahaman terhadap istilah permata ini penting diketahui oleh para pecinta permata sehingga tidak terjadi kesalahpahaman ketika membeli sebuah permata. Semoga ini dapat menambah Pengetahuan bagi para Pecinta Permata di indonesia sehingga bisa lebih mengetahui jelas berbagai istilah Di perdagangan Permata.
 
************************************************************************************************************
 
A
 
Asterism adalah istilah untuk Fenomena Star ( Bintang ) pada Semua jenis permata yang berasal dari pemantulan inclusi di dalam permata tersebut. Efek Star ada yang memiliki 4 garis, 6 garis atau bahkan 12 garis star.
 
Akik Spiritus adalah istilah perdagangan permata untuk jenis chalcedony yang memiliki Warna Biru yang Cemerlang dan Kontras, Umumnya memiliki serat kura sebagai ciri khas batu dari Lokal , yang terkenal adalah Spiritus dari BatuRaja-Sumatera Selatan.
 
B
 
Bacan merupakan sebutan Untuk Permata dari Keluarga Chrysocolla ( Chalcedony ) yang ditemukan di Kepulauan bacan, Halmahera, Maluku dan Kasiruta. Permata ini dipercaya dapat bermetamorfosis menjadi lebih kristal dan bersih apabila dirawat dengan benar. Permata ini dibagi menjadi beberapa macam sesuai daerah penemuannya seperti Bacan Palamea, Bacan Doko, Bacan Halmahera, Bacan Pido, dll.
 
Barjad adalah sebutan Lokal untuk jenis permata yang merupakan Keluarga Opal, yang umumnya tidak memiliki Fenomena Play of Colour , tetapi memiliki Warna yang Bagus bervariasi dan Luster yang sangat Indah seperti Api, sehingga ada dikenal jenis Barjad Api . Di Perdagangan internasional jenis Barjad api dikenal sebagai Fire Opal.
 
Biduri Bulan adalah istilah Perdagangan Permata yang Merujuk Kepada Jenis Permata moonstone , yang memiliki Efek pemantulan Cahaya Putih atau Kebiruan dipermukaannya yang dikenal sebagai Adularescence.
 
Biduri Laut adalah istilah untuk Jenis Akik Chalcedony yang memiliki Warna Biru yang Sangat Indah dan Soft Merata Seperti Warna Air Laut, umumnya yang terkenal adalah berasal dari Daera BatuRaja - Sumatera Selatan.
 
Bulu Macan / Bulu Monyet merupakan sebutan untuk Jenis Permata dengan Nama Gemology Seraphinite , sebagian Lab mengeluarkannya sebagai Pietersite . Permata ini memiliki Efek yang Sangat unik dengan menampilkan pola Bulu-Bulu halus yang memantulkan kilau di dalamnya.
 
Bungur adalah istilah untuk Permata dari Jenis Purple Ametyst ( Quartz ) yang dikenal juga sebagai Kecubung ungu, Istilah Bungur sering digunakan untuk Kecubung yang berasal dari Daerah Tanjung Bintang , sehingga dikenal nama Bungur Tanjung Bintang.
 
C
 
Cat Eye Pandan adalah istilah permata yang digunakan untuk jenis Cat Eye dari Keluarga Quartz yang berwarna Kehijauan dan memiliki Serat Daging yang sejajar seratnya.
 
Chabochon adalah istilah untuk permata yang dipolish Kilap tanpa Dicutting, Umumnya semua Permata dengan Fenomena Star / Cat eye pasti Chabochon untuk menimbulkan efek fenomena nya.
 
Clarity adalah istilah untuk tingkat kebersihan sebuah permata/ Berlian dari inclusi nya, dibagi menjadi beberapa Level dari IF, VVS,VS,SI dan I ,mulai dari yang sempurna tanpa inclusi sampai yang paling banyak inclusinya.
 
Combong yaitu Sebutan Lokal untuk Lubang alami yang terbentuk pada batu permata yang umumnya merupakan batu akik/Chalcedony, tetapi juga istilah ini digunakan untuk permata lainnya yang memiliki lubang alami. Batu dengan combong diyakini memiliki tuah Pengasihan oleh kepercayaan Lokal karena merupakan Simbol Yoni dalam kebudayaan Hindu kuno.
 
D
 
Delima Siam adalah sebutan untuk Batu Permata Lab Created yang meniru Batu ruby dengan Warna merah yang cemerlang dan bersih claritynya, Delima siam merupakan nama lain dari istilah " Merah Siam atau Mirah Siam "
 
E
 
Emerald Chatam adalah jenis Emerald Syntetic yang Diproduksi oleh Perusahaan Chatam di USA pertama kalinya oleh Caroll Chatam, yang memiliki serat yang mirip aslinya tetapi merupakan Lab Created. Bagi Para Pemula sering dijual sebagai Jambrud Chatam.
 
F
 
Fosfor atau Batu Fosfor adalah Jenis batu permata yang dapat menyerap cahaya dan mempertahankannya sehingga dapat bercahaya di ruangan yang lebih gelap, Umumnya Batu fosfor yang ada di Pasar permata sebagian besar adalah Lab Created ( buatan Lab ) , namun di alam juga ditemukan mineral serupa tapi sangat langka.
 
G
 
Galih merupakan sebutan untuk Kayu yang Telah membatu tetapi Belum Menjadi Fosil, jadi merupakan Peralihan antara Kayu dan Fosil, Kekerasannya sangat Keras dan hampir membatu tetapi masih memiliki Serat Alami Kayu nya, dipasar perdagangan biasanya dikenal Galih Asem, Galih Kelor, Galih Stigi, dll. Jenis Galih kayu tertentu dipercaya memiliki Tuah kegunaan magis tertentu juga.
 
Garut adalah Nama Daerah penghasil Berbagai macam permata khususnya Jenis Agate dan Chalcedony, beberapa yang terkenal diantaranya Garut Hijau, Garut Pancawarna, Garut Edong, Garut Bungbulang, dan Lain lain.
 
Giok berasal dari Kata “ Gek” sebutan Dialek hokkian untuk Permata “ Yu “ dalam bahasa Mandarin yang merujuk kepada Jenis Permata Jade dalam dunia Gemology, Jade dibagi menjadi dua Macam yaitu Jadeite Jade dan Nephrite jade, Umunnya Jadeite Jade lebih dicari karena berkualitas dan dipakai sebagai perhiasan, untuk Nephrite Jade umumnya dipakai untuk Ukiran atau perhiasan yang lebih besar.
 
Giwang Star / Klep Star adalah Istilah untuk Menggambarkan Pemantulan Star yang Sangat Halus ( soft Ster ) dari Berbagai batu permata yang memiliki Fenomena star seperti Sapphire, Ruby, dll.
 
H
 
Heat adalah Proses Threatment Pemanasan yang dilakukan pada beberapa jenis permata tertentu untuk meningkatkan kualitas permata dan umumnya diakui serta diterima oleh dunia perdagangan internasional.
 
Hijau Garut adalah sebutan untuk Jenis Akik Chalcedony berwarna Hijau , yang Berasal dari Garut dengan Ciri Khas Inclusi dan Warna nya yang khas.
 
I
 
Inclusi adalah Tanda Alam yang terdapat pada sebuah permata, bahasa Lokal indonesia disebut sebagai “ serat alam “ yang merupakan Tanda alami pertumbuhan struktur kristal pada sebuah permata yang terbentuk dari alam, inclusi serat ini terdiri dari beberapa jenis seperti fingerprint, feather, silk, Rutile, Liquid , bubble and gas , colour zoning, dll . 
 
J
 
Jambrud/Zambrud adalah Sebutan untuk batu permata Mulia dari Keluarga Beryl yang berwarna Hijau dan  memiliki Nama Gemology Emerald.
Jasper adalah jenis batu permata dari keluarga Agate / chalcedony yang Umumnya memiliki Transparansi Opaque ( Tidak tembus Cahaya ) dan memiliki warna varian Hijau, Merah, Orange, dsb.
 
Junjung Derajat merupakan Pola Garis Garis pada Jenis Agate/Chalcedony yang berasal dari jenis Sulaiman, Pola Garisnya membentuk sudut meruncing kearah atas dan berlapis-lapis, Akik dengan Pola junjung derajat dipercaya memiliki tuah kegunaan untuk wibawa , kharisma dan kedudukan.
 
K
 
Kalimaya adalah Sebutan Lokal indonesia untuk Batu Permata dari Jenis Opal , di indonesia ditemukan di daerah Banten dan merupakan salah satu kalimaya terbaik di dunia selain Australia dan Wello-Ethiopia.
 
Kecubung merupakan sebutan Lokal Indonesia yang umum untuk Batu Permata Dari Keluarga Quartz, biasanya merujuk kepada Jenis Ametyst Quartz yang berwarna Ungu Lembayung , Untuk yang berwarna Putih ( Clear Quartz ) biasa disebut kecubung Es, yang Berwarna Kuning ( Citrine Quartz )disebut Kecubung kuning , Untuk berwarna Smoky ( Smoky Quartz )disebut Kecubung Teh. 
 
Kecubung Asihan adalah Jenis Batu Akik Chalcedony yang berwarna Purple/Lavender, namun untuk jenis ametyst yang berwarna muda juga sering disebut sebagai kecubung asihan
 
Kecubung Wulung Dahulu dikenal sebagai Jenis Akik Chalcedony yang berwarna hitam legam , namun ketika disenter akan berwarna Merah / Coklat kental , tapi saat ini kecubung wulung juga sering dikenali sebagai Kecubung ametyst kalimantan yang berwarna Ungu pekat kehitaman.
 
Keladen merupakan Jenis Agate chalcedony Polos yang memiliki Aneka Warna seperti Putih, Kuning, Kebiruan, Golden, Merah, dsb yang ditemukan di Sungai Keladen – Pacitan, Umumnya memiliki ciri Khas Daging yang Halus dan berserat Kura , Kristal yang berarir bagus dan warna yang cerah.
 
Kembang Jarong adalah istilah untuk Permainan Warna Warni Pada permata Kalimaya/opal yang bagus dan berkualitas.
 
King Sapphire adalah sebutan untuk Sapphire yang Di Proses dari Lab, Syntetic Sapphire yang dibuat dari Komposisi sama seperti Sapphire asli yaitu Corrundum, memiliki kekerasan sama seperti sapphire asli, dikenal sebagai Lab Created Sapphire
 
Kinyang merupakan istilah lokal untuk batu permata dari Keluarga Quartz , Colourless Quartz umumnya disebut sebagai Kinyang Air atau Kinyang Es, sedangkan Rutilated Quartz biasa disebut sebagai Kinyang Mas karena mengandung rambut halus berwarna kuning keemasan.
 
Kol Buntet atau Keon Buntat merupakan Jenis Permata dari Fossil ataupun Binatang Keong yang Cangkangnya membatu dan Padat tanpa rongga, dikenal sebagai Keong Buntat yang dipercaya memiliki Tuah tertentu, Orang india mengenalnya sebagai Shiva Eye , sedangkan bahasa gemology untuk jenis keong ini disebut sebagai Opercullum Shell.
 
L
 
Lavender Batu Raja merupakan Akik Chalcedony istimewa yang berwarna Ungu Lavender , memiliki Ciri khas daging halus dan serat Kura / Awan yang Khas, Berasal dari Daerah Baturaja-Sumatra selatan, Batu ini dahulu dikenal sebagai akik Kecubung Kasihan.
 
Luster adalah sebutah untuk Permainan Cahaya pada sebuah permata, umumnya ditujukan kepada permata Cutting. Yang merupakan Efek Pemantulan Cahaya dari facet cuttingnya , semakin Briliant cutting dan bersih claritynya maka akan semakin bagus lusternya. Untuk Permata Chabochon , Luster ditujukan untuk kesempurnaan Pantulan Polished kilap nya.
 
M
 
Marjan adalah salah satu jenis permata tertua yang telah dikenal sejak Jaman Nabi Musa, Marjan merupakan Batu karang Merah yang dikenal sebagai Corallium rubrum yang merupakan Jenis Coral merah berharga dari Lautan.
 
Mata Dewa adalah sebutan untuk salah satu jenis Permata yang berasal dari Keluarga Obsidian, Dikenal sebagai Rainbow Obsidian yang memiliki Efek warna seperti corak pelangi dan terkadang didapatkan pola berlapis-lapis yang menyerupai mata.
 
Merah Siam adalah sebutan untuk Jenis Batu Permata Syntetic yang meniru batu Mirah ( Ruby ) dengan Warna Merah Cerah dan Juga Kristal yang Bersih , ini merupakan Lab Created Stone yang sudah dikenal sangat lama di indonesia.
 
By : Sauchigems