Fossil

Fosil (bahasa Latin: fossa yang berarti "menggali keluar dari dalam tanah") adalah sisa-sisa atau bekas-bekas makhluk hidup yang menjadi batu atau mineral. Untuk menjadi fosil, sisa-sisa hewan atau tanaman ini harus segera tertutup sedimen.Fosilisasi merupakan proses penimbunan sisa-sisa hewan atau tumbuhan yang terakumulasi dalam sedimen atau endapan-endapan baik yang mengalami pengawetan secara menyeluruh, sebagian ataupun jejaknya saja. Menurut definisi terluasnya, fosil adalah sisa mahluk hidup yang hidup dulu sekali dan masih ada hingga hari ini karena terawetkan oleh keadaan alam. Fosil-fosil yang sampai kepada kita adalah bagian-bagian tubuh suatu organisme, atau sisa-sisa yang ditinggalkan saat mahluk hidup terkait masih hidup (yang terakhir ini disebut fosil jejak). Fosil terbentuk ketika binatang atau tumbuhan mati terawetkan sebelum sempat membusuk sempurna, lalu menjadi bagian dari batuan endapan Bumi. 

Fosil adalah petunjuk terpenting rincian kehidupan prasejarah. Dari berbagai kawasan dunia, ratusan juta fosil telah diperoleh dan semuanya memberikan sebuah jendela untuk melihat sejarah dan struktur kehidupan di Bumi. Jutaan fosil menandakan bahwa spesies-spesies muncul mendadak, terbentuk sempurna dan beserta struktur rumitnya, dan tidak mengalami perubahan apapun selama jutaan tahun setelah itu. Fosil terbentuk dari proses dari proses penghancuran peninggalan organisme yang pernah hidup. Hal ini sering terjadi ketika tumbuhan atau hewan terkubur dalam kondisi lingkungan yang bebas oksigen. Fosil yang ada jarang terawetkan dalam bentuknya yang asli. Dalam beberapa kasus, kandungan mineralnya berubah secara kimiawi atau sisa-sisanya terlarut semua sehingga digantikan dengan cetakan.
 
Terdapat beberapa syarat terjadinya pemfosilan yaitu antara lain:
1.Organisme mempunyai bagian tubuh yang keras
2.Mengalami pengawetan
3.Terbebas dari bakteri pembusuk
4.Terjadi secara alamiah
5.Mengandung kadar oksigen dalam jumlah yang sedikit
6.Umurnya lebih dari 10.000 tahun yang lalu
 
Fossil merupakan Koleksi yang tidak kalah seru dengan Permata, dan tidak ada Habisnya, Kelangkaan dan keunikannya menjadikannya berharga serta tidak dapat ada koleksi lainnya yang dapat menyamai hobby satu ini. Di Seluruh dunia tersebar beragam fossil dengan keaneka-ragamannya yang khas dan berbeda sesuai geografis nya. Di indonesia banyak ditemukan fossil Kayu , juga fossil Kepiting purba, Tulang/Gigi/Gading Gajah Purba, serta Fossil coral Laut. Sedangkan di Benua Africa banyak ditemukan Fossil Binatang laut seperti Braciopoda, Ammonite , Trilobita, dll.. Banyak Keunikan dan hal yang bisa dipelajari dari Koleksi Fossil. 
 
Sebagian fossil juga ada yang dijadikan Permata, seperti ammolite misalnya yang ditemukan di Alberta, Kanada merupakan salah satu permata yang sangat mahal sekali, juga fossil Coral yang sering dijadikan sebagai Perhiasan ataupun Graham Gajah purba yang banyak diukir menjadi Pipa rokok. Sebagian Batuan Fossil Dalam kepercayaan diyakini memiliki Energy yang telah mengendap kuat di dalamnya selama kurun waktu menfosilnya makhluk hidup tersebut, tentang manfaat dan kegunaan metafisik dari Fossil tertentu tentunya kembali kepada kepercayaan masing-masing.
 
By : Sauchigems  27/07/2014
Tampilan: Daftar / Kotak
Tampil:
Urut Berdasarkan:
G-2192 extreme rare natural dinosaur bone fossil high quality 27,78ct
Code Product : G-2192 Gem Name : Natural Dinosaur Bone Certificate : - Weight : 27.78ct S..
Rp500.000
G-1972  extreme rare natural 100% africa dinosaur bone fosil hi-polish 20,90ct
Code Product : G-1972 Gem Name : Natural Dinosaur Bone Fosil Certificate : - Weight : 20,90..
Rp400.000